Pengenalan FreeBSD

ainur
. in Server . 2 min read

Kenalkan.. nama saya FreeBSD, umur saya 17 tahun jadi ya sudah sweet seventeen. punya banyak keahlian, gemar menolong dan tahan banting.

Berikut perkenalan saya secara serius.

FreeBSD merupakan sistem operasi bertipe Unix yang diturunkan dari UNIX  AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem  operasi 386BSD dan 4.4BSD.

Selain FreeBSD, OS lain yang berbasis  BSD adalah NetBSD dan OpenBSD. Perbedaan dari ketiga OS tersebut  simplenya seperti ini. Dilihat dari kelebihannya.

  1. FreeBSD : mendukung byk 3rd party software dng semboyan “ready to serve”.
  2. OpenBSD : menitikberatkan pd security, dgn slogan canggihnya “secure by default”.
  3. NetBSD : Mendukung banyak hardware dan berbagai arsitektur.

Untuk sejarah lengkapnya bisa dibaca di sini.

Karena  berbasis UNIX maka perintah-perintah dasarnya juga tidak jauh berbeda  dengan Linux ataupun OS berbasis UNIX lainnya. Bagi yang telah menguasai  Linux akan lebih mudah menguasai Freebsd, tapi buat yang belum bisa  sama sekali jangan kecil hati. FreeBSD mudah koq..

FreeBSD lebih cocok dijadikan server daripada desktop. Untuk tampilan grafisnya ada X-Windows, support juga KDE dan GNOME.

Bagi yang ingin menginstall untuk desktop ada PCBSD, DragonFLY dan untuk versi livecd nya ada Freesbie.

Keuntungan  memakai freebsd sebagai server ada buwanyakk sekali, diantaranya mudah,  gratis(bisa di download langsung dr www.freebsd.org), secure,  powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/  memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang  akan selalu develop OS FreeBSD. Selain itu masih banyak kelebihan  lainnya, tinggal di google aja! Banyak koq situs besar yang menggunakan  FreeBSD, al : yahoo, sony japan, apache dll. Selain itu freebsd juga digunakan sebagai OS di berbagai perangkat seperti Cisco, juniper, Apple dan NetApp.



Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *