Webometrics Peringkat Perguruan Tinggi di Dunia

muchad
. in Peringkat PT . 4 min read

Tujuan asli dari peringkat ini adalah untuk mempromosikan publikasi Web. Mendukung inisiatif Buka Akses, akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya adalah target utama kami. Namun indikator web sangat berguna untuk tujuan peringkat juga karena mereka tidak didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman, melainkan pada kinerja global dan visibilitas universitas.

Sebagai peringkat lain berfokus hanya pada beberapa aspek-aspek yang relevan, khususnya hasil penelitian, peringkat indikator berbasis web yang lebih baik mencerminkan gambaran yang menyeluruh, kegiatan lainnya guru besar dan peneliti menunjukkan dengan kehadiran web mereka.

Web tidak hanya mencakup hanya formal (e-jurnal, repositori) tetapi komunikasi ilmiah juga informal. publikasi Web lebih murah, mempertahankan standar kualitas yang tinggi dari proses peer review. Hal ini juga bisa menjangkau audiens yang potensial yang lebih besar, menawarkan akses ke pengetahuan ilmiah para peneliti dan lembaga-lembaga yang berlokasi di negara-negara berkembang dan juga kepada pihak ketiga (ekonomi, industri, politik atau budaya stakeholder) dalam komunitas mereka sendiri.

Peringkat Webometrics memiliki cakupan yang lebih besar dari peringkat serupa lainnya (lihat tabel di bawah). Peringkat ini tidak hanya terfokus pada hasil penelitian tetapi juga indikator lain yang mungkin lebih baik mencerminkan kualitas global ulama dan institusi penelitian di seluruh dunia.

Rangking Webometrics kebanyakan mengambil faktor universitas di dunia Internet.

Termasuk didalamnya adalah aksesibilitas dan visibilitas situs universitas, publikasi elektronik, keterbukaan akses terhadap hasil-hasil penelitian.

Kuncinya adalah bagaimana universitas bisa memperbanyak konten (scientific paper) yang dishare ke publik, diindeks di mesin pencari, dan sedikit kepintaran universitas memainkan Search Engine Optimization (SEO) untuk mengarahkan mesin pencari ke situs universitas

mempublikasikan rangking universitas setiap enam bulan sekali (bulan Januari dan Juli)

empat faktor utama yang menentukan rangking sebuah universitas, yaitu:

Visibility (V): Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.

Size (S): Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.

Rich Files (R):  Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.

Scholar (Sc): Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.



Responses
 
Write a response...
Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image