Dalam menjalankan organisasi kampus, AUPK merupakan supporting seluruh sendi organisasi sehingga bisa bergerak dengan lancar dan lincah / agile dalam menghadapi tantangan saat ini maupun tantangan di masa depan. Khususnya untuk mendorong terwujudnya visi dan misi organisasi yaitu unggul dan bereputasi internasional. Salah satu tantangan yang ada dan membutuhkan solusi secepatnya adalah transformasi digital.
UIN Maulana Malik Ibrahim saat ini sudah mengembangkan banyak sekali layanan berbasis digital baik pada layanan akademik maupun layanan administrasi lainnya (AUPK). Akan tetapi layanan-layanan ini masih belum terintegrasi dan kebutuhan data akan setiap layanan digital ini belum bisa diakses secara mudah atau harus melalui aplikasi-aplikasi layanan masing-masing. Kondisi ini mengakibatkan hambatan bagi manajemen dalam membaca dan memetakan konsisi terkini dari organisasi sehingga juga mempengaruhi tingkat kecepatan dan keakuratan manajemen dalam mengambil keputusan atau strategi menghadapi permasalahan yang ada.
Salah satu IKU yang menjadi target tahun 2024 ini adalah pengembangan Smart Campus dimana salah satu capaian yang harus diwujudkan pada semester satu adalah terwujudnya Dashboard Data yang merupakan bagian dari program jangka pendek pengembangan Maliki Gate System . Hal ini untuk menjawab permasalahan di atas yaitu untuk mengintegrasikan berbagai data yang tersebar pada banyak aplikasi layanan agar mudah diakses oleh manajemen melalui satu portal dashboard data.
Sebagai langkah awal pengembangan dashboard data ini diperlukan pemetaan data yang ada pada aplikasi layanan di berbagai sektor layanan UIN Malang. Maka diadakanlah rapat koordinasi dengan berbagai sektor layanan yang ada, hal ini untuk memetakan beberapa hal antara lain :
- Pemilik data
- Periodesasi data
- Aplikasi Produsen data
- Proses bisnis dan data yang belum digitalisasi
Berlokasi di ruang rapat PTIPD kegiatan dilaksanakan secara maraton dari tanggal 15 sampai dengan 23 Januari dimana setiap hari mengundang satu sampai dua sektor / unit layanan atau pemilik data. Dari kegiatan ini dihasilkan dokumen pemetaan sumber data, pemilik data dan periodesasi masing-masing data yang akan ditampilkan pada aplikasi dashboard data bagian dari Maliki Gate System. Dashboard data ini juga akan sebagai rujuan atau evidence atas capaian kinerja institusi yang tertuang pada IKU dimana setiap IKU akan ada laporan data dukungnya yang bisa diakses pada aplikasi dashboard data ini.
Dengan diwujudkannya dashboard data ini maka setiap bukti capaian IKU tidak perlu lagi dientri manual ke sistem akan tetapi sudah secara otomatis akan di ambil melalui aplikasi-aplikasi layanan yang digunakan sehari-hari. Harapannya selain memudahkan juga akan semakin meningkatkan kualitas dari bukti capaian kinerja yang digunakan